Rabu, 18 Januari 2012

PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET

3.1 Internet Service Provider (ISP)

Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal. Karena itu, jika ingin menghubungkan komputer ke internet, kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah Internet Service Provider (ISP) tertentu. ISP tersebut merupakan penghubung ke internet. Kemudian kita akan dikenakan biaya atas jasa layanan yang diberikan oleh ISP yang kita gunakan. ISP-ISP yang ada saat ini menawarkan layanan koneksi ke internet yang berbeda-beda.

3.2 Perangkat Keras untuk Mengakses ke Internet

Ada berbagai macam kebutuhan perangkat keras yang dapat dipilih untuk mengakses internet dengan menggunakan beberapa teknologi. Diantaranya adalah :

a. Melalui Koneksi Dial-Up

Jika menghubungkan komputer ke internet dengan koneksi dial-up, ada dua perangkat tambahan yang dibutuhkan, yaitu saluran telepon dan modem. Saluran telepon dibutuhkan untuk menhubungkan komputer dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya, ISP tsb akan meneruskan koneksi kita ke internet. Sedangkan modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui jaringan telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti komputer. Ada dua jenis modem yang ada di pasaran, yaitu :
Modem Interrnal = Modem yang dipasang langsung di mainboard komputer
Modem Eksternal = Modem yang terpisah dengan komputer dan dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel

b. Melalui Teknologi ADSL

ADSL atau Asymmetrical Digital Subsciber Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon. Jika menggunakan teknologi ini untuk akses internet, maka kita harus mempunyai sebuah modem ADSL, jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang punya layanan ADSL.

c. Melalui Jaringan LAN

Cara ini berarti menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Agar dapat dihubungkan dengan komputer server di LAN, komputer kita harus memiliki kartu jaringan ( LAN Card ).

d. Melalui Jaringan GPRS

GPRS atau General Packet Radio Service adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. Jika menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone yg mendukung teknologi GPRS dan telah diaktifkan, serta sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yg menyediakan layanan GPRS, juga perangkat lunak untuk menghubungkan HP ke komputer.

e. Melalui Jaringan WiFi

WiFi atau Wireless Fidelity adalah teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan gelombang elektromagnet frekuensi tinggi untuk mengirimkan data.

f. Melalui Jaringan TV Kabel

Jika mengakses internet dengan cara ini, maka beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain : - Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yg dilengkapi layanan internet - Perangkat komputer standar dengan fasilitas internet - Cable Modem dengan DOCSIS system yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel - Ethernet Card

g. Menggunakan Teknologi 3G

Teknologi 3G adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yg dirancang dengan kecepatan tinggi. Jika menggunakan 3G, kita membutuhkan sebuah handphone yg mendukung teknologi 3G dan SIM Card dari operator selular tertentu yg menyediakan layanan 3G, nomor HP pun harus sudah terdaftar sebagai pelanggan 3G; juga perangkat lunak untuk menghubungkan HP ke komputer.

3.3 Perangkat Lunak untuk Mengakses ke Internet

Setelah menyiapkan hardware untuk koneksi ke internet, kita perlu menyiapkan perangkat lunak (software) untuk mendukung aplikasi-aplikasi yang ada di internet. Pemilihannya tergantung dari aplikasi internet apa yang ingin digunakan, tergantung tujuan/keperluan kita berinternet. Contoh software-software tertentu yang diperlukan untuk internet diantaranya adalah :
- Microsoft Internet Explorer; Netscape Communicator ; (Mozilla Firefox) >Sarana untuk browser web (perangkat yang paling penting)
- Cute FTP ; Go !Zilla dan WSFTP >Software khusus untuk FTP
- Internet Mail / Outlook Express (Micr.Internet Explorer) atau Netscape Mail (Netscape Communicator) >Sarana untuk e-mail. - mIRC ; Yahoo Messenger atau ICQ >Program untuk chatting

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Aswaja NU